Bagikan

Jakarta – Aktris Zaskia Adya Mecca mempersoalkan gaya membangubkan sahur melalui pengeras suara di masjid dekat tempat tinggalnya. Istri sutradara Hanung Bramantyo merasa asing dengan gaya warga setempat yang membangunkan sahur melalui TOA.

Zaskia mempersoalkan intonasi suara dalam membangunkan sahur melalui pengeras suara itu melalui akun instagram miliknya @zaskiaadyamecca.

Dalam video tersebut, salah seorang warga membangunkan sahur dengan memakai TOA di mesjid, video itu direkam dari rumahnya.

“Bapak-bapak, ibu-ibu, adik-adik, warga rt 04/ rw 09 dan sekitarnya yang menjalankan ibadah puasa waktunya sahuuuurrrrr yaaah, saaahuuuuuurrr yaah, saaahuuuuurrr yaahhh,sahuuurr, sahuuur, sahuuur, yang belum masak silahkan masak, saahuuur, sahuur, sahuuuur, bangun, bangun, bangun, yang gak mau masak khusus ada, sahuuurr, sahuuur, sahuuuur, lontong sayur, wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh,” unggah akun @zaskiadyamecca seperti dikutip, Kamis (22/4/2021).

Dalam caption-nya, Zaskia mempertanyakan model warga yang membangunkan sahur tersebut. Menurutnya, apakah etis menbangunkan sahur dengan model agak nyeleneh tersebut.

“cuma mau nanya ini bangunin model gini lagi HITS katanya?! Trus etis ga si pake toa masjid bangunin model gini?? Apalagi kita tinggal di Indonesia yang agamanya pun beragam.. Apa iya dengan begini jadi tidak menganggu yang lain tidak menjalankan Shaur?! Beneran bingung ini masjid deket rumah.. pas ku aga kaget2 denger di hari pertama, lingkungan pada bilang “lagi hits bangunin model gitu..” aku yang asing, atau situasi yang semakin asing yaa… buat ku ko ngga lucu, ga etis, ga menghargai orang lain..Buat kamu gmn?! Apa aku yang terlalu serius?,” sebut Zaskia.

Beragam komentar muncul dari netizen, ada yang pro ada pula yang kontra. Seperti komentar akun @mrbom89 yang menyebut ilang feeling (ilfil) dengan gaya membangunkan sahur seperti itu.

“Gua dlu pernah bangunin saur bgtu, di bawain golok ama engkong2… semenjak itu mending solawatan dah… pas gua denger org bangunin saur bgtu skr, malah jd ilfil ya.. gua dulu bgtu juga berarti…” tulis akun @mrbom89.

Berbeda dengan pemilik akum @edi_rumah_tanpa_riba. Dia mengaku lahir dan besar di Jakarta dan terbiasa mendengar gaya bangunin sahur yang dipersoalkan Zakia.

“Gue lahir dan besar di jkt..udah biasa kayak gini..malah rame dan berasa gema Ramadhannya,” tulis akun @edi_rumah_tanpa_riba.

Sependapat dengan Zakia, akun @mrs_hot.haraha merasa ‘jantungan’ dengan gaya bangukan sahur di wilayah tempat tinggalnya.

“Sama di daerah rumahku juga gini… padahal udah ada anak2 keliling bangunin sahur, tapi tetep ada yang teriak2 juga pake toa persis kayak gini…. jantungan tiap sahur. Untungnya ibuku yg lagi sakit, di rumah kakak, kalo di rumahku bakal jantungan tiap hari kali ibuku.” akun @mrs_hot.haraha.

(zka/red)

KOMENTAR